Selasa, 09 Juli 2019

Ternyata Inilah Beberapa Kegunaan Helm Cakil untuk Trail

Bagi pengendara motor, helm menjadi perlengkapan yang wajib untuk digunakan. Tidak hanya untuk kebutuhan menghindari dari tilang polisi saja, helm sebenarnya ditujukan untuk keselamatan pengguna itu sendiri. Helm mampu melindungi kepala jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat berkendara, seperti kecelakaan motor, terjatuh dari motor, terbentur, dlsb. Di kalangan pengendara motor sport, belakangan ini cukup populer penggunaan model helm motor cross atau yang biasa disebut dengan nama helm cakil.


Helm motor cross atau cakil ini memiliki desain yang cukup berbeda dengan jenis helm standard lainnya, seperti helm full face dan helm half face. Hal ini terlihat dari bagian depan helm yang memiliki moncong karena terinspirasi dari toko pewayangan di Indonesia yang bernama buto cakil. Sehingga tidak heran jika penamaannya pun juga mengikuti dari inspirasi tokoh tersebut. Helm motor cross atau cakil ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu sudah berstandar SNI, kualitas pabrikan langsung, batok dari ABS, serta busa yang tebal dengan dibungkus kain nylex.

Dari segi ukuran, helm cakil memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan helm normal lainnya. Misalnya jika Anda menggunakan helm normal berukuran M, maka untuk helm motor cross ini harus memilih helm berukuran L. Dibuat dengan desain yang berbeda dengan helm standard lainnya, ternyata ada maksud dan kegunaan tersendiri saat digunakan untuk kegiatan trail. Adapun kegunaannya adalah sebagai berikut:

1. Bagian kanopi atau topi helm yang dibuat memanjang dibandingkan dengan helm biasa bertujuan untuk menahan ranting-ranting pohon serta kotoran yang mengganggu pandangan mata.

2. Bagian helm, tepatnya di bagian mulut pengendara dibuat dengan desain maju ke depan. Hal ini bertujuan untuk menjaga asupan udara bagi pengendara motor. Karena seperti yang kita tahu saat melakukan trail di jalanan yang berlumpur dan tidak rata membutuhkan tenaga yang luar biasa. Dengan diberikan ruang di bagian depan mulut agar mendapatkan udara lebih banyak. Ini juga yang menjadi alasan kenapa helm jenis ini tidak menggunakan kaca pelindung. Pengendara biasanya lebih memilih menggunakan kacamata khusus untuk melindungi mata.

Nah, itu tadi beberapa kegunaan dari masing-masing bagian dalam helm motor cross atau helm cakil yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui kegunaan helm ini tentunya Anda tidak perlu ragu menjatuhkan pilihan untuk menunjang kegiatan trail Anda ataupun pengendara motor sport. dalam memilih helm jenis ini, pastikan Anda menyesuaikan ukuran dengan lingkar kepala Anda. Dimana tidak terlalu longgar, namun juga tidak terlalu ketat. Hal ini demi kenyamanan dan keamanan saat menggunakannya nanti. Untuk tempat pembelian helm jenis ini yang bisa menjadi rujukan Anda, maka bisa mengunjungi situs motor online Moladin. Di situs ini berbagai produk sepeda motor, seperti helm misalnya tersedia dalam berbagai variasi dan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.



EmoticonEmoticon