Selasa, 30 April 2019

Cara Memilih Pinjaman KTA yang Aman

KTA merupakan singkatan dari Kredit Tanpa Agunan atau jaminan. Kredit Tanpa Agunan adalah salah satu produk pinjaman tanpa adanya jaminan. Sesuai dengan namanya, nasabah yang mengajukan KTA tidak perlu menyiapkan aset untuk dijadikan jaminan dalam mengajukan kredit ini. Nasabah yang tidak memiliki aset sekalipun bisa mengajukan produk kredit ini.

Dalam memutuskan menyetujui atau tidaknya pengajuan kredit seorang nasabah, pihak bank melihat dari riwayat kredit nasabah tersebut. Secara umum, pihak bank akan melihat riwayat kepemilikan kartu kredit, riwayat kredit motor, kredit mobil, atau juga KPR.

Anda bisa memilih KTA online maupun non-online. Jika Anda memilih KTA online, maka akan diuntungkan karena beberapa produk menawarkan kredit tanpa adanya BI Checking. Sedangan KTA yang non-online, biasanya diajukan ke bank dan bank akan melakukan BI Checking untuk melihat riwayat kredit Anda.





Hal penting yang harus Anda perhatikan jika ingin mengajukan KTA adalah bagaimana memilih pinjaman KTA yang aman. Banyak produk KTA yang beredar di pasaran tapi tidak semuanya aman dan cocok untuk Anda pilih. Anda harus memilih produk Kredit Tanpa Agunan yang terbukti aman dan terpercaya.

Memilih Pinjaman KTA


Bagi Anda yang ingin mengetahui cara memilih pinjaman KTA yang aman, simak beberapa tips di bawah ini.

1. Lakukan simulasi terkait angsuran KTA

Sebelum mengajukan Kredit Tanpa Agunan, sebaiknya Anda melakukan simulasi sendiri terkait angsuran KTA. Angsuran atau cicilan kredit ini akan Anda bayarkan setiap bulan dan mengambil dari penghasilan bulanan Anda. 

Pastikan agar cicilan yang akan Anda bayarkan nantinya tidak mengganggu pengeluaran kebutuhan harian. Melakukan simulasi akan sangat berguna untuk menentukan besaran KTA, angsuran, dan jangka waktu yang akan Anda ambil berdasarkan penghasilan per bulannya.

Perlu diingat, jangan sampai angsuran KTA per bulan menggunakan hampir separuh dari penghasilan bulanan Anda. Bisa- bisa, keuangan Anda menjadi tidak stabil dan mempengaruhi kehidupan Anda.

2. Jika bingung, lakukan simulasi langsung ke bank

Jika bingung melakukan simulasi secara mandiri, Anda bisa melakukan simulasi langsung dengan datang ke bank. Di sana, Anda akan dibantu oleh pihak bank untuk menghitung beban angsuran yang harus dibayarkan. 

Meskipun terkesan ribet, melakukan simulasi langsung dengan pihak bank adalah salah satu cara dalam memilih pinjaman KTA yang tepat dengan kondisi keuangan Anda.

3. Pilihlah produk KTA yang terpercaya

Memilih pinjaman KTA yang aman berawal dari memilih lembaga dan produk KTA yang terpercaya. Pilihlah lembaga keuangan yang sudah terbukti terpercaya. Luangkan sedikit waktu untuk melakukan perbandingan produk-produk KTA yang ditawarkan untuk mendapatkan pinjaman KTA yang aman dan terpercaya.

Selain memperhatikan kredibiltas lembaga dan produk KTA, perhatikan pula jumlah angsuran dan suku bunga yang ditawarkan. Pastikan pula Anda memahami cara pengajuan dan syarat-syarat yang dibutuhkan. Juga, hal-hal mengenai biaya yang dibebankan, seperti biaya administrasi. 

Pilih yang sesuai dengan profil keuangan Anda. Semakin jauh Anda melakukan review dan perbandingan, semakin banyak referensi yang bisa didapatkan.

Jika sudah memilih pinjaman KTA yang aman, Anda tinggal memenuhi persyaratan yang diajukan. Selanjutnya, pihak bank akan melakukan survei dan verifikasi untuk mengecek kebenaran dokumen yang dikumpulkan. Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan keterangan yang sebenar- benarnya. Jangan sampai memberikan pernyataan palsu karena akan berakibat pengajuan KTA Anda ditolak.

4. Selesaikan tunggakan kredit jika ada

Memenuhi semua persyaratan dan dokumen untuk pengajuan KTA saja tidaklah cukup. Anda juga harus mengingat kembali riwayat kredit yang telah diajukan. Jika ada tunggakan atau masalah pada kredit sebelumnya, baik itu cicilan kartu kredit, kredit kendaraan bermotor, maupun kredit lainnya, sebaiknya Anda selesaikan masalah tersebut lebih dulu.

Jika pihak bank menemukan masalah pada riwayat kredit Anda, pengajuan KTA bisa saja ditolak karena alasan tersebut. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyelesaikan masalah kredit sebelumnya agar Kredit Tanpa Agunan yang diajukan bisa diproses dengan lancar.

Demikian tips dalam memilih pinjaman KTA yang aman. Pertimbangkan dengan baik sebelum mengajukan KTA. Pastikan Anda mengetahui dengan baik tujuan pengajuan KTA tersebut.  

Memilih produk kredit yang aman merupakan hal penting. Tapi mengajukan dan menggunakan KTA secara bijak juga adalah hal yang tidak kalah penting. Laman https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan bisa menjadi rujukan bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Kredit Tanpa Agunan. Ya, CekAja.com memudahkan Anda yang ingin mendapatkan informasi akurat mengenai produk finansial. 


EmoticonEmoticon