Jumat, 08 Maret 2019

Jangan Nekat, Ini Waktu Tepat Ajukan Pinjaman Online



Kadang-kadang ada saja orang yang memaksakan diri untuk tetap mengajukan dana pada perusahaan peminjaman uang tanpa memikirkan kondisi keuangan serta baik dan buruknya.

Umumnya dorongan untuk melakukan hal tersebut karena desakan kebutuhan atau mungkin desakan memenuhi gaya hidup karena ingin menunjukkan eksistensi di hadapan orang lain.

Jika dilakukan terus menerus, justru akan merugikan. Perusahaan peminjaman uang memang memberikan kemudahan pendaftaran hingga pengajuan pencairan dana, tetapi bukan berarti bisa terus menerus dijadikan tempat bergantung utama.

Untuk menghindari masalah di kemudian hari, ada baiknya juga memikirkan waktu terbaik kapan harus mengajukan pinjaman tunai tanpa menjadi beban di kemudian hari.
Kondisi keuangan baik
Memang sih, pada saat kondisi keuangan stabil, kamu bisa mengajukan pinjaman tunai. Artinya antara pengeluaran dan pemasukan bisa terjaga. Bahkan lebih baik lagi jika pemasukan lebih besar daripada pengeluaran. Sehingga kamu bisa mengalokasikan dana untuk kebutuhan lainnya.

Dalam kondisi keuangan seperti ini kamu bisa mengajukan pinjaman tunai. Namun, tetap harus mempertimbangkan rasio ideal. Jangan mengajukan peminjaman uang lebih dari sepertiga penghasilan.

Sekalipun kamu punya penghasilan sebesar Rp 10 juta perbulan bukan berarti kamu bisa langsung mengajukan pinjaman sebesar Rp 3 juta. Karena kamu harus memikirkan dulu seberapa besar pengeluaran bulanan kamu.

Jika rasionya lebih besar dari 60% artinya rasio utang kamu juga akan semakin kecil. Sebabnya kamu perlu menyisihkan pendapatan untuk pos lain seperti tabungan, investasi masa depan dan juga donasi.
Memiliki aset cadangan
Ketika kamu memiliki aset cadangan sebetulnya kamu bisa mengajukan pinjaman. Dengan catatan sewaktu-waktu kamu tidak bisa membayar cicilan, kamu bisa menutupinya dengan menjual aset tersebut. Pastikan juga bahwa aset yang kamu miliki bisa dijual dalam waktu singkat.

Aset cadangan yang bisa dijual dengan cepat misalnya seperti perhiasan, laptop atau smartphone. Tapi, sebaiknya miliki aset cadangan yang nilainya tidak cepat susut setiap tahunnya.
Punya tambahan penghasilan
Jika kamu pekerja yang memiliki usaha sampingan, tentu kamu memiliki pendapatan tambahan. Pada saat pekerjaan sampingan menghasilkan pendapatan yang lebih besar, kamu bisa menyimpannya untuk tabungan atau investasi lainnya.

Nah, dalam kondisi seperti ini sebelumnya kamu sudah dianggap cukup layak mengajukan pinjaman. Karena pendapatan tambahan sudah pasti akan memperbesar total penghasilan bulanan.

Yang jelas pendapatan tambahan ini harus konstan. Karena kadang-kadang pendapatan tambahan tidak selalu tetap. Namun, jika dirasa bisa digunakan untuk menutupi cicilan, tidak ada salahnya kamu mengajukan pinjaman dengan rasio yang tidak terlalu berisiko. Misalnya cukup ajukan pinjaman kurang dari 30% dari total pendapatan bulanan.

Dengan catatan pendapatan bulanan yang masuk melalui satu rekening itulah yang bisa kamu ajukan sebagai bukti bahwa riwayat keuangan kamu cukup potensial untuk mendapatkan kemudahan dari perusahaan peminjaman uang seperti Kredivo.

Kredivo adalah salah satu lembaga kredit online yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Menariknya nih, lewat Kredivo kamu tak membutuhkan syarat ribet seperti slip gaji atau rekening koran.

Cukup dengan satu akun e-commerce yang sudah digunakan untuk bertransaksi dan akun internet banking, kamu sudah bisa mengajukan pendaftaran lewat opsi premium account lewat aplikasi Kredivo.

Aplikasi Kredivo sudah bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Limit yang diberikan pun bisa hingga Rp 30 juta. Keuntungannya, limit tersebut bisa juga digunakan untuk belanja online, jadi tak hanya bisa diajukan untuk pinjaman tunai saja.

Untuk mendaftar menjadi member Kredivo, kamu harus memenuhi persyaratan berikut:
  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan

Jika sudah memenuhi persyaratan tersebut, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran dengan langkah berikut ini;

  • Foto selfie diri dan KTP
  • Bukti tempat tinggal
    • Cicilan express: hubungkan 1 akun e-commerce yang sudah dipakai bertransaksi
    • Cicilan reguler: upload 2 dokumen (STNK, tagihan kartu kredit/telepon/listrik/air, atau Kartu Keluarga)
  • Bukti penghasilan
    • Cicilan express: hubungkan 1 akun internet banking dari rekening gaji
    • Cicilan reguler: upload 2 dokumen (slip gaji, mutasi rekening 2 bulan terakhir, bukti potong pajak)
Proses persetujuan akan ditinjau dalam waktu kurang dari 24 jam. Setelah mendapatkan notifikasi persetujuan, kamu bisa cek dashboard di aplikasi Kredivo berapa limit yang kamu dapatkan. Saat itu juga, kamu sudah bisa mengajukan pinjaman tunai melalui aplikasi Kredivo.



EmoticonEmoticon