Sabtu, 19 Januari 2019

Cari Mobil Bekas : Kriteria Mobil Bekas yang Berkualitas


Untuk Anda yang sedang cari mobil bekas, memang sangat perlu untuk memperhatikan banyak hal sebelum membelinya. Saat ini mobil telah menjadi kebutuhan yang bisa menunjang aktivitas sehari-hari, apalagi untuk yang mempunyai mobilitas cukup tinggi. Tidak heran jika transportasi ini menjadi barang yang mempunyai nilai lumayan tinggi.



Walaupun begitu, bukan berarti memiliki mobil adalah hal yang mustahil. Karena saat ini sudah ada solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan cari mobil bekas. Meskipun kondisi second, namun bukan berarti Anda tidak bisa memiliki mobil bekas yang masih bagus dan berkualitas.

Kriteria Mobil Bekas yang Berkualitas

Untuk Anda yang ingin memiliki mobil bekas dengan kondisi yang masih bagus, berikut akan diuraikan tentang kriteria mobil bekas yang berkualitas.

1.      Kondisi body mobil mulus

Mulus yang dimaksud disini adalah bebas dari penyok dan juga lecet. Mobil yang masih bagus akan terlihat dari body-nya yang masih kinclong. Jika Anda mendapatkan kondisi mobil yang penuh dengan lecet dan di beberapa bagiannya penyok, bisa jadi mobil tersebut pernah mengalami tabrakan.

Maka dari itu, saat cari mobil bekas, perlu untuk memastikan kondisi body bebas dari lecet dan juga penyok. Selain itu, lihat pula kondisi dari cat mobil, jika ada yang belang, bisa jadi penjual menyembunyikan bagian yang lecet dan penyok yang ada.

2.      Fitur mobil berfungsi dengan baik

Untuk bagian dalam mobil, ciri-ciri mobil bekas yang masih bagus yaitu bisa dilihat dari semua fitur mobil masih berfungsi dengan baik. Anda perlu melakukan pengecekan seluruh fitur interior mobil, mulai dari sistem pendingin (AC), lampu mobil, fitur hiburan, dan lainnya.

Jika kondisi dari fitur interior masih bisa digunakan dengan baik, tentu bisa dikatakan jika mobil bekas tersebut masih bagus dan masih layak untuk dibeli.

3.      Jarak tempuh mobil normal

Ciri-ciri lain yang perlu Anda lihat adalah dari jarak tempuh mobil tersebut. Kondisi mobil bekas yang masih bagus dan juga layak untuk dibeli yaitu yang jarak tempuh rata-rata mobil tersebut masih normal, tidak terlalu sedikit ataupun terlalu banyak.

Rata-rata pemakaian mobil yang baik adalah pada jarak 16.000-24.000 km setiap tahun. Jika kurang atau lebih dari angka itu, bisa saja terjadi resiko yang tidak dikehendaki dan bisa mengeluarkan banyak budget.

4.      Kondisi mesin mobil masih bersih

Kondisi mesin mobil yang bersih bisa menunjukkan jika tidak ada masalah yang berarti. Mobil bekas yang berkualitas tentu mempunya kondisi mesin yang bersih. Ini menunjukkan jika pemilik lama merawat mobil dengan baik. Maka dari itu, lakukan pengecekan secara detail pada mesin mobil bekas tersebut.

Jangan lupa untuk mengecek komponen yang ada pada mesin, apakah terdapat kerak yang menempel ataupun bercak kotoran. Masalah kebersihan pada mesin mobil bisa memunculkan masalah di kemudian hari.

5.      Kondisi oli masih bagus dan penuh

Kondisi dari oli mobil juga bisa menjadi tanda jika mobil bekas masih dalam kondisi yang baik atau tidak. Hal yang harus dicek adalah volume dan kualitas dari oli mobil tersebut. Oli yang masih bagus bisa dilihat dari warnanya.

Oli yang masih bagus memiliki warna merah atau merah jambu dan bening. Namun jika kondisi oli sudah menghitam, maka pemilik lama dari mobil tersebut sudah lama tidak mengganti olinya.

Anda bisa memakai stick untuk mengecek kondisi oli mobil. Selain itu kondisi mobil yang masih bagus juga bisa dilihat dari volume oli yang masih full, karena hal ini bisa menunjukkan jika tidak ada kebocoran pada oli mobil.

Demikianlah 5 kriteria mobil bekas berkualitas yang perlu Anda ketahui. Dengan melakukan hal-hal di atas saat cari mobil bekas, diharapkan Anda tidak akan salah dan kecewa ketika membeli mobil bekas.


EmoticonEmoticon