Jumat, 21 Desember 2018

Pendapat Ma’ruf Amin tentang Debat Pilpres

Jokowi Ma’ruf Amin menjadi salah satu pasangan yang banyak diunggulkan pada pemilihan presiden tahun 2019 mendatang. Untuk menyambut pemilu presiden yang akan datang, seperti biasa akan dilakukan debat pilpres. Debat pilpres yang pertama akan dilakukan pada tanggal 17 Januari 2019 mendatang. 

Debat pertama yang akan dijalani oleh kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden ini akan mengangkat isu hukum mencakup HAM, korupsi, dan terorisme. Untuk menghadapi debat pertama ini, kedua pasang kandidat pasti sudah melakukan persiapan terbaik mereka. Begitu juga dengan calon wakil presiden nomor urut 1, Ma’ruf Amin.



Ma’ruf Amin mengungkapkan pendapatnya mengenai debat pilpres yang akan beliau hadapi. Menurut beliau, debat pilpres akan terasa lebih mudah bagi pasangan nomor urut 1 Jokowi Ma’ruf Amin. Pendapat ini mungkin terdengar sebagai bentuk kepercayaan diri dari seorang Ma’ruf Amin. Namun pendapat ini diutarakan bukan tanpa alasan yang jelas.

Ada Program yang Jelas

Mengapa menjadi lebih mudah bagi pasangan nomor urut 1? Menurut Ma’ruf Amin, debat pilpres akan terasa lebih mudah karena timnya sudah memiliki program yang jelas. Mereka tidak perlu mencari-cari lagi dan tinggal melanjutkan sesuai dengan program yang sudah ada. 

Program yang dimaksud merupakan program dari pemerintahan Jokowi sebelumnya. Ma’ruf Amin menilai bahwa sebagian besar program yang dijalankan oleh presiden Jokowi telah menyentuh masyarakat dari berbagai kalangan. Jadi, di debat pilpres kali ini, timnya tinggal memberikan tambahan dan menyempurnakan.

Lain halnya dengan pasangan lawan yang menurut Ma’ruf Amin belum memiliki bangunan sama sekali. Pasangan lawan masih mencari-cari dan ini menjadi kelemahan bagi mereka. Itulah mengapa menurut Ma’ruf Amin timnya tidak akan mengalami kesulitan saat menghadapi debat pilpres yang akan datang.

Persiapan Tim Jokowi Ma’ruf Amin

Kesuksesan debat pilpres tentu juga dipengaruhi oleh persiapan yang dilakukan oleh tim pemenangan masing-masing calon pasangan. Tim Jokowi dan Ma’ruf Amin telah melakukan persiapan untuk menghadapi debat pilpres pertama di bulan Januari mendatang.

Tim pemenangan Jokowi dan Ma’ruf Amin juga tampaknya sudah melakukan persiapan debat secara matang. Romahurmuziy yang merupakan penasihat TKN Jokowi dan Ma’ruf Amin juga mengungkapkan bahwa timnya sudah melakukan identifikasi kira-kira pertanyaan apa saja yang akan muncul. Tak hanya itu, tim juga melakukan identifikasi mengenai pernyataan yang mungkin dilontarkan oleh lawan.

Tim pemenangan pasangan nomor urut 1 ini melibatkan banyak pakar dari berbagai bidang. Semua pakar bekerja untuk mempersiapkan debat dengan sebaik mungkin. Selain memprediksi pertanyaan dan pernyataan yang mungkin muncul saat debat, tim ini juga bertugas melakukan evaluasi terhadap program-program pemerintah yang sebelumnya dilaksanakan.

Semua anggota tim yang bergabung dalam tim pemenangan Jokowi Ma’ruf Amin tengah melakukan persiapan di berbagai sisi agar pasangan mereka bisa unggul di debat pertama. Jokowi dan Ma’ruf Amin pun sepertinya juga tak terlalu menganggap debat pertama ini sebagai sebuah beban yang berat.

Mari kita tunggu saja, seperti apa debat pertama pilpres 2019 akan berjalan. Siapakah pasangan yang lebih unggul dan pernyataan apa saja yang akan dilontarkan oleh kedua pasangan. Namun, pastikan bahwa semua pendukung dari kedua pasangan tetap bersikap suportif dan tidak mudah tersulut emosi.



EmoticonEmoticon