Senin, 31 Desember 2018

7 Jenis Makanan Untuk Nutrisi Otak Anak

Nutrisi otak anak haruslah dipilih dengan bijaksana. Pemberian makanan alami dan bergizi bisa menjadi pilihan yang terbaik selain juga memberikan suplemen tambahan seperti susu atau vitamin. Dengan otak yang terpenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya akan membantu anak menjadi lebih cerdas. Sudah tentu anak yang cerdas dan sehat menjadi harapan setiap orang tua.



Ada beberapa bahan makanan dan buah yang bermanfaat sebagai nutrisi otak anak. Berikut 7 jenis bahan makanan yang sudah terpercaya sebagai penunjang pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

1. Ikan Salmon

Penelitian membuktikan bahwa ikan salmon merupakan salah satu ikan yang paling dianjurkan baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil maupun oleh anak-anak. Kandungan vitaminnya yang lengkap seperti vitamin A, D, K, dan E dipercaya mampu meningkatkan kemampuan anak dalam menyerap pelajaran serta memaksimalkan kemampuan nalarnya.

Penelitian juga membuktikan bahwa anak yang sering mengonsumsi ikan salmon jauh lebih unggul dibandingkan dengan anak yang tidak mengonsumsi ikan. Selain itu kandungan lemak yang tinggi pada ikan salmon lebih mudah dibakar dalam bentuk energi. Sehingga anak-anak akan selalu ceria dan aktif di setiap harinya.

2. Susu

Sudah sejak lama susu dikenal sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak-anak. Kandungan di dalam susu seperti protein, kalium, kalsium, serta Vitamin D telah terbukti baik untuk membantu pertumbuhan tulang, sistem saraf, serta otot tubuhnya. Selain itu susu juga baik dalam mendukung pertumbuhan otak anak. Zat karbohidrat pada susu juga mampu mengurangi rasa lapar yang anak rasakan. Anak yang secara rutin mengonsumsi susu, biasanya dapat mencapai tinggi maksimalnya.

3. Telur

Di dalam kuning telur l terdapat kandungan protein yang cukup tinggi dan baik untuk perkembangan otak anak. Dengan kandungan Kolin yang juga terdapat di dalam telur, akan mampu meningkatkan daya ingat anak. Hal ini dibuktikan pada sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Boston yang menyatakan bahwa  anak yang rutin mengonsumsi telur daya ingatnya jauh lebih baik dibandingkan dengan anak yang jarang memakan telur.

4. Gandum

Di dalam gandum terdapat nutrisi yang berupa Vitamin A, E, B6, Saponin, kalsium, zat besi, serta mineral. Semua nutrisi tersebut bermanfaat untuk memaksimalkan kinerja otak buah hati. Ditambah lagi gandum memiliki serat yang tinggi sehingga baik untuk proses pelepasan kelebihan glukosa di dalam tubuh si kecil. Gandum juga rendah lemak, sehingga anak tidak akan mengalami obesitas.

5. Daging

Untuk pertumbuhan otak serta tulang yang baik, berikan anak daging merah segar secara rutin. Dengan asupan daging merah yang teratur pertumbuhan tubuhnya menjadi lebih baik. Namun, perlu juga untuk membatasi konsumsi daging yang berlebihan karena daging juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

6. Kacang-kacangan

Di dalam kacang-kacangan terdapat kandungan karbohidrat tinggi yang bisa digunakan sebagai salah satu sumber energi. Ditambah lagi kandungan proteinnya yang juga berfungsi untuk mendukung pertumbuhan otaknya. Efek positif lainnya dari mengonsumsi kacang-kacangan adalah kulihat akan tampak lebih sehat dan lembut. Karena kandungan kolagen dan anti oksidan yang terdapat pada kacang. Kacang-kacangan juga baik untuk meningkatkan daya ingat.

7. Sayuran 

Memberikan anak sayuran-sayuran yang beragam warnanya seperti bayam, wortel, dan sayuran lainnya seperti brokoli juga baik untuk perkembangan anak. Vitamin, karbohidrat, dan antioksidan terdapat di dalam sayur-sayuran. Sayuran membantu anak agar memiliki kemampuan mengingat yang baik.

Memberikan makanan yang seimbang gizi dan nutrisinya, kemudian ditambahkan dengan buah-buahan dan susu akan memberikan dampak positif bagi perkembangan tubuh dan nutrisi otak anak. Memberikan nutrisi otak anak dari bahan alami yang diolah sendiri jauh lebih sehat.



EmoticonEmoticon