Senin, 31 Desember 2018

5 Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Usia Dibawah 1 Tahun



Cara menghilangkan cegukan pada bayi masih selalu dicari solusinya. Karena memiliki anak atau bayi untuk orangtua merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan, sehingga berbagai macam cara dilakukan orangtua agar bayi mereka selalu sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Namun ada kalanya orangtua akan menjadi panik bila terjadi sesuatu yang sepele sebenarnya bagi orang dewasa, seperti cegukan misalnya, terutama bagi orangtua yang masih baru. Cara menghilangkan cegukan pada bayi pun akan segera dicari solusinya, agar anak mereka dapat sembuh seperti sedia kala.


Tapi, apakah Anda tahu sebenarnya apa yang menyebabkan bayi usia dibawah satu tahun mudah cegukan? Dan bagaimana cara menghilangkan cegukan pada bayi yang benar? Berikut ini ulasan apa yang menyebabkan bayi cegukan dan cara mengatasinya yang dapat Anda simak.

Penyebab Cegukan

Cegukan tidak hanya orang dewasa saja yang dapat mengalaminya, tetapi bayi usia dibawah satu tahun pun dapat mengalami cegukan. Dan faktanya cegukan terjadi karena disebabkan oleh kontraksi diafragma.

Diafragma itu sendiri merupakan lembaran besar otot yang berada di bawah paru-paru, disertai pula  dengan otot-otot antar tulang iga membuat Anda dapat bernapas. Dan kontraksi otot-otot itulah yang dapat mengisap udara ke paru-paru, dan masuknya udara dengan cepat membuat epiglottis menutup. Epiglottis itu adalah flap jaringan pada tenggorokan yang menutup saat Anda menelan untuk mencegah makanan, minuman, atau air liur terhisap ke paru-paru. Dan cegukan pun terjadi karena penutupan jaringan tenggorokan yang mendadak.

Siapapun pastinya akan merasa terganggu dengan cegukan, tidak hanya bagi orang dewasa tetapi untuk bayi pun juga sama. Anehnya bayi tidak akan merasa terganggu dengan cegukan yang mereka alami, namun orangtua banyak yang khawatir dengan kondisi demikian. Dan yang menariknya ternyata banyak bayi yang masih tetap dapat tertidur pulas meski sedang cegukan. Jadi intinya adalah cegukan yang dialami oleh bayi pada dasarnya tidak memiliki pengaruh atau efek buruk tertentu pada pernapasan atau kesehatan bayi, dan semuanya masih dapat dikatakan normal.

Cara menghilangkan cegukan pada bayi

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi cegukan pada bayi yang dapat Anda lakukan di rumah:

1.       Saat cegukan, berikan ASI pada bayi dan biarkan sampai bayi bersendawa

Memberikan bayi ASI saat ia cegukan merupakan salah satu cara yang baik untuk menghilangkan cegukannya. Karena dengan begitu, akan membantu diafragma pada bayi akan menjadi lebih rileks, bahkan dapat menghetikan cegukan. Saat selesai menyusui, jangan lupa untuk memberikan jeda pada bayi untuk bersendawa, dengan demikian cegukan pun dapat hilang dengan sendirinya.

2.       Mengatur posisi saat memberikan ASI

Posisi memberikan ASI pada bayi ternyata dapat menjadi salah satu faktor timbulnya cegukan. Itu semua disebabkan oleh proses saat bayi menghisap ASI dan bernapas dalam satu waktu. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk Anda mengatur posisi memberikan ASI pada bayi agar cegukan tidak terjadi.

3.       Menepuk pelan punggung bayi

Untuk mengatasi cegukan pada bayi Anda juga dapat melakukan satu cara, yakni dengan menepuk punggung bayi. Ambil dan gendong bayi dengan posisi seperti berdiri, kemudian letakkan kepalanya di pundak Anda, lalu tepuk tepuk punggung secara pelan dan lembut pada bayi sampai ia bersendawa. Percaya atau tidak, cara ini sudah dilakukan oleh orangtua dari jaman ke jaman. Bahkan dokter pun akan memberikan saran yang serupa.

4.       Berikan sesuatu yang dapat dihisap bayi

Jangan sungkan untuk memberikan sesuatu pada bayi yang sedang cegukan, seperti; dot, biscuit MPASI, atau puting Anda. Dengan demikian maka akan membuat satu gerakan mulut dan tipuan sedotan di perut bayi, dimana cara tersebut dipercaya dapat merangsang sendawa dan menghentikan cegukan pada bayi.

Apabila terjadi sesuatu hal yang aneh pada cegukan bayi Anda, ada baiknya untuk segera dibawa ke dokter. Agar bayi Anda yang cegukan mendapatkan penanganan yang tepat. Demikianlah empat cara menghilangkan cegukan pada bayi usia dibawah satu tahun yang dapat Anda lakukan di rumah. Semoga dapat membantu dan memberikan solusi yang tepat untuk Anda juga bayi tersayang.



EmoticonEmoticon