Sabtu, 25 Agustus 2018

Cermat Melakukan Investasi di Industri Pertanian

Industri pertanian di Indonesia dikenal sebagai salah satu bidang industri yang menjanjikan. Negara kita dikenal sebagai negara agraris yang sebagian besar penduduknya mengandalkan bertani sebagai sumber penghasilan mereka. Negara kita bisa dibilang masih memiliki potensi besar untuk terus menyumbangkan pendapatan tinggi dari industri pertanian.

Kondisi industri pertanian yang masih sangat menjanjikan di Indonesia membuat banyak orang tertarik untuk melakukan investasi di industri ini. Bukan hal yang aneh memang jika kita sebagai warga negara Indonesia memilih sektor pertanian sebagai ladang untuk menanam investasi dan berharap keuntungan besar dari investasi tersebut.


Industri Pertanian


Dalam dunia investasi, kita harus selalu siap menghadapi kondisi naik maupun turun. Naik turunnya nilai investasi tentu menjadi hal biasa begitu juga dengan investasi di sektor industri pertanian. Karena itulah ketika anda melakukan investasi di sektor pertanian, penting sekali untuk selalu cermat dan berhati-hati.

Hal-Hal yang Harus Diwaspadai saat Berinvestasi di Industri Pertanian

Untuk membantu anda berhati-hati dalam berinvestasi di industri pertanian, berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diwaspadai :

1. Resiko Ketidakpastian

Perlu diketahui bahwa berinvestasi di industri pertanian memiliki resiko dan ketidakpastian yang tinggi. Hal ini harus anda ketahui sebelum anda yakin untuk berinvestasi di industri pertanian. Resiko di industri pertanian cukup tingi dikarenakan bidang ini sangat dipengaruhi oleh perubahan iklim yang memungkinkan terjadinya fluktuasi.

2. Sarana Pendukung

Di dalam industri pertanian dibutuhkan sarana pendukung yang lengkap agar industri bisa terus berjalan sesuai yang diharapkan. Di Indonesia, kita tahu bahwa masih banyak sekali sarana pendukung yang belum disediakan di dunia pertanian. Minimnya sarana pendukung ini harus menjadi perhatian penting bagi anda sebelum berinvestasi.

3. Kestabilan Iklim

Perlu diketahui bahwa di dunia pertanian, kita harus sangat memperhatikan masalah iklim. Iklim dan cuaca akan sangat berpengaruh pada kondisi tanaman. Oleh karena itu, jika anda berinvestasi di sektor pertanian sebaiknya anda mengetahui hal-hal seputar iklim dan cuaca serta hubungannya dengan keberhasilan di sektor pertanian.

4. Pungutan Liar

Ketika berinvestasi di sektor pertanian, bukan tidak mungkin anda akan dituntut untuk membayar sejumlah uang sebagai pungutan liar. Pastikan anda berhati-hati dengan kondisi ini agar anda tidak menderita kerugian besar akibat pungutan liar yang diambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. Otonomi Daerah

Saat berinvestasi di sektor pertanian, jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor otonomi daerah yang berlaku di lokasi anda. Seperti kita tahu bahwa setiap daerah memiliki otonomi untuk menyusun peraturan-peraturan yang mungkin akan berpengaruh banyak pada investasi yang anda lakukan. Pastikan bahwa otonomi daerah tidak memberikan kerugian besar untuk anda.

6. Pendapat soal Investasi di Industri Pertanian

Salah satu tantangan yang harus anda hadapi saat akan berinvestasi di industri pertanian adalah penilaian masyarakat yang masih kurang terhadap investasi di bidang pertanian. Banyak orang merasa investasi di industri pertanian sangat tidak menguntungkan dan tidak lebih baik dari investasi di bidang lain. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi anda yang ingin berinvestasi.

Kembali lagi kepada diri anda sendiri. Terlepas dari semua tantangan yang harus dihadapi, industri pertanian memang menjadi salah satu industri yang sangat menjanjikan di Indonesia yang merupakan negara agraris. Namun, anda harus berhati-hati dalam mengambil keputusan agar tidak mendatangkan kerugian untuk diri anda sendiri di masa depan. 


EmoticonEmoticon