Selasa, 07 Agustus 2018

Cara Menghemat Bahan Bakar Minyak untuk Pengguna Mobil

Cara menghemat bahan bakar minyak seperti apa yang paling ampuh dipraktikkan untuk para pengguna mobil? Seperti kita ketahui biaya bahan bakar seringkali menjadi keluhan bagi para pengguna mobil. Biaya bahan bakar yang terlalu boros bisa menguras isi dompet dan membuat pengeluaran setiap bulan menjadi membengkak.

Jika anda termasuk pengguna mobil dan biasa memakainya setiap hari tentu anda akan sangat merasakan bahwa biaya bahan bakar memang cukup besar. Sayangnya, mau tidak mau anda tetap harus menggunakan mobil untuk berpergian sehingga biaya bahan bakar tidak bisa dihindarkan. Satu-satunya cara untuk meringankan biaya bahan bakar anda adalah dengan melakukan penghematan.

Cara menghemat bahan bakar minyak


Semua orang tentu ingin mengetahui bagaimana sebenarnya cara menghemat bahan bakar untuk kendaraan. Kali ini kita akan mmbahas cara ampuh seperti apa yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar yang dipakai oleh mobil anda.

Tips Hemat Bahan Bakar

Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat penggunaan bahan bakar pada kendaraan bermotor khususnya mobil :

1. Hindari Menunggu Bensin Sampai Kosong

Banyak sekali pengguna mobil yang memilih untuk melakukan pengisian bahan bakar setelah tangki benar-benar kosong atau habis. Kebiasaan ini perlu dihindari. Akan jauh lebih baik jika anda melakukan pengisian ulang bahan bakar ketika kondisi bahan bakar masih setengah penuh. 

Ketika kondisi tangki sudah setengah penuh maka ada ruang berisi udara dalam tangki dan hal ini bisa menyebabkan bensin menguap. Oleh karena itu, lebih baik langsung mengisi ulang agar tidak ada sisa ruang pada tangki dan bensin yang tersisa tidak menguap.

2. Tepat Memakai Gigi

Sebagai pengendara yang cerdas anda harus tepat menggunakan gigi ketika berkendara. Tepat memakai gigi juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Misalnya, ketika melewati jalanan yang menanjak maka anda memakai gigi yang rendah. Penggunaan gigi yang sesuai ini bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi efisien.

3. Menjaga Putaran Mesin

Di dashboard mobil anda ada bagian yang disebut tachometer. Tachometer ini digunakan untuk mengukur putaran mesin. Dari sinilah anda bisa mengendalikan putaran mesin. Optimalnya, putaran mesin adalah 3000 rpm dan anda perlu mengendalikan putaran mesin ini sebaik mungkin karena berpengaruh pada efisiensi pemakaian bahan bakar.

4. Lakukan Pengisian di Pagi Hari

Pengisian bensin lebih baik dilakukan di pagi hari. Pada pagi hari, bensin yang disimpan dalam tangki SPBU di dalam tanah akan berada dalam kondisi yang masih kental karena udara masih dingin. Dengan begitu, bensin yang masuk ke tangki mobil anda akan lebih banyak.

5. Jaga Jarak saat Berkendara

Menjaga jarak ketika berkendara tidak hanya penting bagi keselamatan namun juga sangat ampuh untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar bisa meningkat apabila mobil direm kemudian digas lalu direm lagi sampai berkali-kali dalam jarak waktu yang singkat. 

6. Hindari Parkir di Tempat Panas

Ketika memarkir mobil hindari lokasi yang panas. Suhu udara bisa berpengaruh pada penguapan bensin. Bensin merupakan jenis cairan yang sangat mudah menguap apalagi ketika suhu udara sedang panas. Parkir di tempat yang panas akan membuat penguapan bensin berlangsung lebih cepat.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa anda lakukan agar konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien. Selain itu, cara termudah untuk bisa menghemat biaya bahan bakar adalah dengan menggunakan mobil secara bijak. Menghemat bahan bakar tidak hanya bisa membantu menghemat pengeluaran anda namun juga bisa lebih ramah lingkungan.


EmoticonEmoticon