Minggu, 08 Juli 2018

Mengenal Sistem Pulsa Listrik PLN

Saat ini pemerintah Indonesia melalui jajarannya dan perusahaan terkait terus berusaha memperbaiki fasilitas dan layanan public agar bisa dinikmati oleh semua masyarakat luas tanpa terkecuali. Salah satunya adalah dengan meluncurkan system baru dari PLN yang merupakan perusahaan listrik negara khusus untuk supply listrik yang Anda nikmati saat ini. Sistem itu bernama token listrik yang nantinya agar bisa digunakan harus diisi pulsa terlebih dahulu. Untuk menikmati fasilitas layanan PLN dengan pulsa listrik ini maka Anda harus mengajukan request untuk penggantian meteran listrik di rumah. Sejak pertama kali PLN berdiri sampai saat ini kebanyakan meteran yang digunakan adalah meteran lama yaitu listrik system pasca bayar dimana Anda harus membayar setiap satu bulan sekali sesuai dengan besaran tagihan yang dibebankan kepada Anda.



Token Pulsa Listrik itu Apa?

Saat ini system token listrik dengan pulsa listrik dikenal juga sebagai program listrik pintar dimana nantinya konsumen harus mengisi ulang token setiap kali pulsa akan habis. Akan ada tanda beep yang berbunyi terus menerus sebagai alarm peringatan untuk Anda segera melakukan pengisian pulsa. Jika tanda beep sudah berbunyi namun Anda juga tak kunjung mengisi pulsa maka listrik akan mati dengan sendirinya karena pulsa sudah habis. Tahukah Anda ternyata ada banyak sekali kelebihan dari system pra bayar yang digunakan oleh PLN saat ini yaitu:

  • penggunaan konsumsi listrik jauh lebih terkendali
  • tidak akan ada lagi denda jika terlambat membayar
  • tidak akan ada lagi sanksi denda berupa pemutusan saluran listrik dari petugas
  • pembelian quota pulsa listrik disesuaikan dengan kemampuan financial Anda masing-masing sebagai pengguna
  • masa aktif listrik tidak ada karena selama pulsa tersedia itu artinya listrik aktif dan bisa digunakan
  • tidak ada biaya beban bulanan
  • petugas PLN tidak akan melakukan catatan meteran setiap bulan seperti yang dilakukan pada system pasca bayar
  • privacy Anda sebagai konsumen tidak akan terganggu
  • jika sewaktu-waktu pulsa habis maka Anda tidak perlu khawatir karena bisa mengisi pulsa dengan mudah. PLN sudah menggunakan system online untuk fasilitas ini. 

Namun saat Anda sudah mantap menggunakan system PLN dengan pulsa listrik seperti ini mau tidak mau Anda harus lebih ketat dalam mengatur konsumsi listrik karena jika tidak Anda tidak akan sadar tiba-tiba quota sudah habis saja. Untuk proses pembelian saldo pulsa token sendiri Anda bisa datang ke counter PPOB atau ke ATM dan penyedia jasa layanan seperti ini dengan membawa nomer Hp Anda beserta no ID pelanggan PLN. Nanti sistemnya akan masuk 20 digit nomer ke Hp Anda dan masukkan nomer tersebut ke meteran pra bayar yang ada di rumah Anda.

Dari sisi praktis memang system token pulsa listrik sangat praktis dan mirip dengan pulsa Hp jika habis tinggal diisi ulang dan selama 24 jam Anda tidak perlu panik saat pulsa habis. Selain itu Anda juga bisa berhemat karena penggunaan listrik bisa lebih di kontrol tidak harus terkejut karena tagihan bulanan PLN membengkak setiap bulannya. Dan karena pemerintah juga sedang menggalakkan sistem ini maka saat ini banyak promo seperti beli pulsa gratis quota dan lainnya. Untuk pendaftaran penggunaan listrik baru bisa secara online langsung dari website PLN resmi. Dengan begitu Anda tidak perlu harus antri panjang dan memakan waktu lama.


EmoticonEmoticon