Minggu, 20 Mei 2018

5 Akibat Berbahaya Duduk Terlalu Lama pada Ibu Hamil

Masa kehamilan merupakan masa yang rentan bagi Anda dan juga bayi di dalam kandungan. Selain mengkonsumsi nutrisi yang cukup, salah satunya bisa Anda dapatkan dari susu untuk ibu hamil dengan diskon lebaran sale hingga 18%. Anda juga harus menjaga aktivitas keseharian Anda. Salah satunya dengan menghindari duduk terlalu lama karena berbahaya bagi kandungan.


Berikut adalah 5 dampak berbahaya akibat duduk yang terlalu lama pada ibu yang sedang hamil :

1. Terjadinya Tekanan yang Tinggi

Kondisi tubuh Anda akan lebih besar dan lebih berat dari sebelum masa kehamilan. Jika Anda duduk terlalu lama makan akan menghasilkan tekanan yang lebih tinggi terutama pada bagian pinggul ke bawah. Tekanan yang tinggi ini yang akan menjadi bahaya bagi pembuluh darah Anda yang sedang hamil. Pembuluh darah akan tertekan terlebih jika Anda mengalami kram.

2. Mengalami Pembekuan Darah

Terjadinya pembekuan dara akan berdampak pada janin yang Anda kandung. Pembekuan darah akan membuat aliran darah tidak berjalan lancar. Keadaan ini akan membuat Anda mengalami kematian mendadak pada janin yang ada di dalam kandungan. 

Jika Anda mengalami pembekuan darah segera di bawa ke rumah sakit. Ketika mengalami pembekuan darah Anda perlu disuntik selama berapa jam sekali untuk membuat aliran darah kembali normal. Tindakan yang cepat dan sigap akan membuat Anda tidak akan kehilangan calon bayi. 

3. Menumpuknya Aliran Darah di Kaki

Posisi duduk yang terlalu lama akan menyebabkan aliran darah Anda menumpuk pada bagian kaki. Jika Anda mengalami ini akan mempengaruhi aliran darah ke rahim yang menjadi lamat bahkan terhambat. Terhambatnya aliran darah ke rahim tentu akan membuat Anda mengalami risiko kehilangan bayi.

Anda harus sesekali melakukan perenggangan jika kondisinya Anda bekerja di kantor dan harus duduk dengan waktu lama. Lakukan juga olahraga secara rutin untuk mengantisipasi risiko buruk yang dapat terjadi dan juga menjaga kondisi Anda serta kandungan tetap dalam keadaan sehat. 

4. Tekanan di Bagian Tulang Belakang Meningkat

Selama masa kehamilan tubuh terutama bagian tulang punggung akan menahan beban tubuh Anda. Saat Anda duduk terlalu lama maka akan membuat tekanan pada tulang belakang menjadi meningkat. Tekanan yang meningkat dan berlangsung lama saat duduk akan membuat Anda berisiko lebih tinggi mengalami pengeroposan tulang belakang. 

5. Kondisi Bayi Menjadi Tertekan

Duduk terlalu lama selama masa kehamilan akan mengganggu perkembangan bayi di dalam kandungan. Bayi Anda akan mengalami kondisi yang tertekan di dalam kandungan karena kesulitan bergerak. Ketika bayi di dalam kandungan kesulitan bergerak akan menyebabkan bayi menjadi lemas atau bayi mengalami risiko terlilit tali pusar.  

Kondisi kandungan harus Anda jaga dengan menghindari aktivitas yang berisiko. Duduk terlalu lama dan juga berdiri terlalu lama akan memberikan akibat buruk bagi bayi Anda. Kekakuan pada otot-otot di dalam tubuh juga akan membuat Anda kesulitan saat melakukan persalinan normal. Untuk itu Anda perlu melakukan senam khusus ibu hamil yang baik bagi Anda. 


EmoticonEmoticon