Jumat, 13 April 2018

Tips Mudah Lakukan Service Pompa Air Sendiri

Melakukan service pompa air sendiri memang terdengar merepotkan. Tapi ketika pompa air mati dalam keadaan terdesak dan mendadak, Anda mau tak mau harus memeriksanya sendiri. Meskipun mungkin pada akhirnya Anda tidak bisa mengembalikan kondisi pompa air menjadi baik seperti semula.

Kerusakan pompa air bisa terjadi karena berbagai faktor. Kerusakannya pun juga bisa bermacam-macam entah itu sementara atau memang mati total. Untuk mendeteksi kondisi kerusakan pompa air memang dibutuhkan keahlian dan pengetahuan khusus. Namun hal ini bisa diatasi dengan tips-tips yang akan dibahas di artikel ini.

Tips Mudah untuk Memperbaiki Pompa Air



Agar Anda bisa memperbaiki pompa air yang rusak dalam kondisi mendesak, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Periksa Kebocoran Pipa

Kerusakan pompa air bisa terjadi karena adanya kebocoran pipa. Yang perlu Anda lakukan saat akan service pompa air adalah memeriksa bagian input air. Amati dengan baik apakah ada bagian yang bocor atau tidak.

Untuk memeriksa apakah ada kebocoran, Anda juga bisa meniup ujung satu sambil menutup ujung pipa yang lain. Dengan begitu Anda akan lebih mudah menemukan kebocoran pada pipa. Lakukan penutupan kebocoran sesuai dengan kondisi kebocoran yang Anda temukan.

2. Periksa Bagian Output

Sama seperti ketika Anda memeriksa bagian input air, lakukan pula pada bagian output. Langkah pemeriksaannya juga sama. Pastikan Anda melihat dengan teliti apakah memang ada bagian pipa yang bocor atau tidak.

3. Periksa Bagian Pompa Air

Anda bisa memeriksa bagian pompa air dengan cara memasukkan air ke dalam tabung di bagian output. Berikutnya tutup rapat bagian input air kemudian pastikan tidak ada yang bocor.

Dalam posisi ini Anda bisa menghidupkan pompa air kemudian amati apakah ada tarikan kuat yang menarik tangan. Apabila tarikan kuat terasa di tangan Anda maka pompa air bisa dikatakan baik-baik saja. Sebaliknya, jika ada tarikan yang lemah maka ada yang salah dengan pompa air Anda.

4. Periksa Seal

Seal merupakan bagian yang menutup poros di pompa air. Seal berfungsi menjaga air agar tidak masuk atau keluar. Atur sehingga posisi pompa air menghadap atas kemudian tuangkan air. Setelah itu Anda bisa mengamati bagian seal.

Selain itu, saat melakukan langkah ini, Anda juga harus melihat apakah ada bagian yang bocor. Jika ada yang bocor Anda bisa langsung mengganti seal dengan yang baru.

5. Periksa Kondisi Impeller

Impeller merupakan salah satu bagian dari pompa air yang berbentuk lingkaran dengan gerigi. Periksa apakah gerigi yang ada di impeller masih dalam kondisi yang bagus atau tidak. Kondisi bagus di sini maksudnya, gerigi impeller masih utuh dan rata.

Impeller akan menutupi bagian input juga bagian output pompa air agar kedua bagian ini terpisah. Jika Anda menemukan kondisi impeller sudah tak lagi layak, maka silakan diganti dengan yang baru.

Langkah-langkah ini bisa menjadi panduan sederhana bagi Anda untuk membetulkan pompa air yang rusak. Namun karena kondisi kerusakan bisa sangat bervariasi maka apa yang disebutkan di artikel ini belum tentu akan membantu secara keseluruhan.

Masih merasa kesulitan untuk membetulkan pompa air Anda yang rusak? Jika memang kerusakan pompa air sudah sampai di tahap yang sangat serius dan sulit diperiksa sendiri maka Anda bisa meminta bantuan orang lain. Gunakan jasa service pompa air yang berpengalaman agar masalah pompa air Anda cepat terselesaikan.


EmoticonEmoticon